Apa Saja Peran Kadin untuk Membantu Pemerintah?

Apa Saja Peran Kadin untuk Membantu Pemerintah?

Mediaterbaru.com – Sebagai mitra strategis pemerintah, Kamar Dagang dan Industri Indonesia berperan mendorong percepatan pemulihan perekonomian nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan Kadin membantu membangun dunia usaha bersama pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kadin Indonesia juga terus memberikan pembinaan kepada UMKM daerah agar dapat berkembang dan bersinergi dengan pemerintah dalam persiapan menyongsong Ibu Kota Nusantara,” kata Arsjad dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (25/6/2022).

Arsjad mengatakan Kadin Indonesia menjalankan empat pilar utama dalam membantu pemerintah.

Empat pilar itu adalah pemulihan kesehatan dan pengembangan industri kesehatan nasional, peningkatan ekonomi daerah dan nasional, peningkatan kewirausahaan, serta penguatan internal organisasi dan regulasi.

“Meski dunia saat ini sedang dilanda banyak sekali tantangan-tantangan global, namun dengan adanya empat pilar ini, Kadin Indonesia berhasil untuk tetap mencetak banyak pencapaian terutama untuk meningkatkan perekonomian Indonesia,” ucap Arsjad.

Arsjad menambahkan banyak sekali program dan capaian yang diciptakan oleh Kadin Indonesia yang berlandaskan pada empat pilar tersebut. Contohnya seperti program vaksinasi gotong royong dan program rumah oksigen gotong royong yang berlandaskan pada pilar penguatan kesehatan.

Kemudian, program pengungkapan sukarela, net zero hub, dan kemitraan closed-loop yang berlandaskan pada pilar penguatan ekonomi nasional dan daerah. Lalu program wirausaha dan pokja vokasi Kadin Indonesia yang berlandaskan pilar pengembangan kewirausahaan dan kompetensi.

Tak hanya itu, salah satu capaian terbesar Kadin Indonesia adalah sempurnanya AD/ART Kadin Indonesia yang berlandaskan pada pilar penguatan internal organisasi Kadin Indonesia. Dimana hasil AD/ART yang sudah disempurnakan kemudian disahkan menjadi Keppres sehingga menekankan bahwa hanya ada satu Kadin di Indonesia sebagai satu-satunya payung organisasi dunia usaha di Indonesia.

“Salah satu kado terindah dalam perayaan HUT Kadin Indonesia ke-54 adalah disahkannya Keputusan Presiden No. 18 Tahun 2022 tentang penyempurnaan AD/ART Kadin Indonesia hasil Munassus Kadin Indonesia 2022. Dengan disahkannya Keppres ini menekankan bahwa hanya ada satu Kadin di Indonesia sebagai satu-satunya payung organisasi dunia usaha di Indonesia,” ucap Arsjad.

Arsjad juga mengatakan sebagai mitra strategis pemerintah, Kadin Indonesia terus mendukung langkah upaya pemulihan ekonomi nasional, tetapi juga berani menyampaikan kritik konstruktif jika kebijakan pemerintah dinilai keliru dan inkonsisten.

“Kami akan terus membantu pemerintah mendorong pembangunan ekonomi nasional dan daerah untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang, dimana Indonesia dapat menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-5 di dunia. Maka dari itu, penyempurnaan AD/ART yang kami lakukan bulan Juni lalu akan mengokohkan posisi Kadin Indonesia,” kata dia.



Sumber: https://www.suara.com/bisnis/2022/09/25/170934/apa-saja-peran-kadin-untuk-membantu-pemerintah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *