Kehamilan

Cara Menggunakan Test Pack Yang Benar Untuk Cek Tanda Kehamilan

Cara Menggunakan Test Pack Yang Benar Untuk Cek Tanda Kehamilan – Berbicara masalah kehamilan, pasti Bunda sudah tahu apakah bunda sudah hamil atau belum. Banyak sekali tanda-tanda kehamilan yang Bunda rasakan seperti telat haid, lelah, suhu tubuh naik dan peningkatan frekuensi buang air kecil sudah sering muncul.  Akan tetapi Bunda jangan lupa pastikan kondisi Bunda dengan menggunakan test pack juga.

Meskipun terkesan mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya efektivitasnya menjadi maksimal.  Nah jangan sampai timbul kekeliruan saat Bunda menggunaka membuat hasil yang ditampilkan justru jadi meragukan.

Test pack adalah salah satu cara yang bisa Bunda gunakan untuk mengecek kehamilan. Cara kerjanya yaitu dengan mengandalkan keberadaan HCG (human chorionic gonadotropin). Hormon ini pada umumnya akan terdapat pada urine wanita saat hamil.

Nah sebelum Bunda menggunakan test pack, pilih dahulu yang penggunaannya paling pas dengan kebutuhan. Saat ini di pasaran banyak test pack yang dipasarkan, ada test pack yang berbentuk strip lengkap dengan wadah penampung urine, ada pula yang tidak

Untuk penggunaan test pack sebagai pengecek tanda-tanda kehamilan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa menjadi referensi Bunda:

1. Pastikan langkah-langkah penggunaannya sesuai

Langkah pertama, Siapkan wadah jika test pack yang dibeli tidak menyediakannya. Tampung urine di wadah, kemudian celupkan test pack sampai batas garis yang terlihat. Tunggu selama beberapa detik, dan nanti akan muncul tanda berupa garis merah. Satu garis berarti negatif, sementara dua garis berarti positif.

2. Lakukan pemeriksaan pada waktu pagi hari

Dikutip dari Parenting, dokter kandungan Teresa Hoffman, MD menyatakan bahwa penggunaan urine pertama pada waktu pagi hari merupakan hal yang paling dianjurkan. “Urine di pagi memiliki kadar HCG yang paling besar, nah sehingga diharapkan hasil yang diberikan pada test pack semakin akurat,” tutur Hoffman.

3. Perhatikan keutuhan dan kedaluwarsa alat

Agar hasil test pack yang diperoleh akan lebih efektif guna untuk memastikan tanda-tanda kehamilan, pastikan Bunda harus menggunakan alat yang berkualitas. Pastikan kondisinya baru, utuh dan cek juga tanggal kedaluwarsanya.

Apabila alat test pack sudah dalam kondisi baik, langkah-langkah penggunaannya sudah tepat juga, namun hasil kadang yang diperoleh masih samar-samar, Bunda bisa mencoba untuk melakukan tes kembali seminggu kemudian.

“Agar hasilnya lebih pasti setelah melakukan test pack, Bunda juga harus melakukan lagi tes ke dokter. Biasanya berupa cek darah untuk pemeriksaan HCG,” pesan dokter kandungan Elizabeth Pryor, MD, FACOG, dilansir Parents.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *