Penampilan Hugo Samir bersama Timnas Indonesia U-20 di turnamen mini (Instagram/hugosamir28)

Mediaterbaru.com – Beredar informasi yang menyebutkan bahwa Hugo Samir menjadi penyelamat Timnas Indonesia U-20 ke perempat final Piala Asia U-20 2023. Benarkah?

Informasi tersebut lahir dari unggahan salah satu kanal YouTube bernama Dafa Bola, yang mengklaim bahwa pemain milik Persis Solo itu menjadi penyelamat Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

Klaimnya itu terlihat dari judul fantastis dalam video yang diunggahnya, yakni pada Selasa (7/3) malam kemarin atau sekitar 15 jam lalu saat artikel ini dibuat.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Paling Menonjol saat Imbangi Uzbekistan

“MENEGANGKAN – INDONESIA LOLOS 8 BESAR PIALA ASIA 2023 | HUGO SAMIR SANG PENYELAMAT INDONESIA,” begitu bunyi judul dari video yang diunggah kanal YouTube Dafa Bola.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 28 ribu kali dalam waktu 15 jam sejak penayangannya.

Dalam keterangan video itu pula, kanal YouTube tersebut memberi keterangan fantastis yang mengklaim Timnas Indonesia U-20 lolos 8 besar atau perempat final Piala Asia 2023.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Tampil Kurang Oke saat lawan Uzbekistan

“MENEGANGKAN – INDONESIA LOLOS 8 BESAR PIALA ASIA 2023 | HUGO SAMIR SANG PENYELAMAT INDONESIA,” tulis keterangan dalam video tersebut.

PENJELASAN

Jika melihat jam tayang video tersebut, kanal YouTube tersebut mengunggah videonya itu sesaat sebelum Timnas Indonesia U-20 bertanding melawan Uzbekistan, yakni pada Selasa (7/3) pukul 21.00 WIB.

Baca Juga:
Vietnam Tersingkir Menyakitkan di Piala Asia U-20 2023, Ini Curhatan Sang Pelatih

Lalu dalam video tersebut, tak ada pernyataan yang menyatakan bahwa Timnas Indonesia U-20 lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 dan Hugo Samir menjadi penyelamat.

Malahan, dalam narasi video tersebut hanya dikemukakan bahwa Shin Tae-yong berjanji anak asuhnya akan tampil maksimal melawan Uzbekistan.

Selain itu, narasi dalam video itu lebih banyak berisikan hasil konferensi pers juru taktik asal Korea Selatan itu sebelum laga melawan Uzbekistan.

Baca Juga:
3 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Gagal Kalahkan Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023

Hampir tak ada nama Hugo Samir yang disebutkan sepanjang video berdurasi 2 menit 14 detik itu, kecuali di pembukaan video.

“Aksi gila Hugo Samir buat Timnas lolos ke Piala Asia Uzbekistan 2023,” begitu bunyi narasi di pembukaan video tersebut.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka judul yang digunakan oleh kanal YouTube Dafa Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.

Pasalnya, klaim Hugo Samir jadi penyelamat Timnas Indonesia U-20 lolos ke 8 besar atau perempat final Piala Asia U-20 2023 tak terjadi sama sekali.

Bahkan, video tersebut diunggah saat pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan belum digelar sama sekali.

Terlebih lagi, dalam laga tersebut Timnas Indonesia U-20 hanya bermain imbang 0-0 dengan Uzbekistan, sehingga gagal lolos ke babak perempat final Piala Asia U-20 2023.

Hugo Samir memang bermain menjadi starter di laga kontra Uzbekistan. Namun ia tak mencetak gol atau berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan.

Dengan kata lain, informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Dafa Bola tersebut termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks karena tidak sesuai fakta yang ada di lapangan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Source: https://www.bolatimes.com/bolaindonesia/2023/03/08/140000/cek-fakta-benarkah-hugo-samir-jadi-penyelamat-timnas-indonesia-u-20-ke-perempat-final-piala-asia

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *