Selebrasi striker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta, usai menjebol gawang Thailand di final SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Mediaterbaru.com – Melihat catatan impresif Ramadhan Sananta sepanjang tahun 2023 ini, yang berhasil membawa PSM Makassar dan Timnas Indonesia U-22 menjadi juara.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-22 berhasil menjadi kampiun cabor sepak bola putra SEA Games 2023, usai menyabet medali emas, Selasa (16/5) malam WIB.

Medali emas ini diraih setelah mengalahkan Thailand di partai final lewat laga yang berlangsung panas dan dramatis dengan skor 5-2.

Baca Juga:
Usai Viral, Jonathan Khemdee Ungkap Alasan Lempar Medali Perak ke Penonton

Keberhasilan ini membuat para penggawa Timnas Indonesia U-22 pun dicap sebagai pahlawan sepak bola Tanah Air oleh para pecinta si kulit bundar.

Sematan sebagai pahlawan sepak bola ini pun tak lepas dari fakta raihan medali emas tersebut yang telah dinanti-nantikan selama 32 tahun.

Sebagai informasi, medali emas SEA Games 2023 ini menjadi medali emas pertama yang didapatkan skuad Garuda Muda sejak terakhir kali meraihnya pada 1991 silam.

Baca Juga:
Kronologi Ricuh Final SEA Games 2023 Versi Pelatih Thailand, Tuding Timnas Indonesia U-22 Pemicunya

Salah satu penggawa Timnas Indonesia U-22 yang dipuja berkat penampilan apiknya pada SEA Games 2023 adalah Ramadhan Sananta.

Penyerang yang baru berusia 20 tahun ini menjadi salah satu penentu medali emas bagi Timnas Indonesia U-22 di final kala melawan Thailand.

Di laga tersebut, ia berhasil mencetak dua gol di babak pertama, sehingga tim besutan Indra Sjafri itu bisa meraih kemenangan 5-2 atas rivalnya tersebut.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang Layak Diboyong Shin Tae-yong ke Tim Senior

Selain menjadi penentu medali emas, Ramadhan Sananta juga berhasil menjadi top skor SEA Games 2023 bersama Fajar Fathur Rahman dan penyerang Vietnam, Nguyen Van Tung, dengan 5 gol.

Catatan impresifnya di SEA Games 2023 dengan menjadi top skor dan meraih medali emas, melengkapi catatan apik lainnya musim ini.

Sebelum membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas dengan 5 golnya, Ramadhan Sananta berhasil membawa PSM Makassar menjuarai Liga 1 2022-2023.

Baca Juga:
Media Argentina Bocorkan Tanggal Pilihan AFA untuk Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Gelar juara ini didapatkan berkat sumbangsihnya sebagai penyerang, yakni mencetak 11 gol dari 24 pertandingan di Liga 1 2022-2023.

11 gol itu pun membuatnya menjadi penyerang lokal tertajam di Liga 1 2022-2023, catatan impresif bagi pemain yang baru berusia 20 tahun.

Bahkan lebih impresifnya lagi, catatan Ramadhan Sananta bersama PSM dan Timnas Indonesia U-22 ini didapatkan di musim keduanya sebagai pemain profesional.

Sebelum bergabung PSM dan menembus Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta hanyalah pemain dari tim Liga 3, yakni Harjuna Putra.

Dari sana ia kemudian bergabung Persikabo 1973 pada 2022, yang menjadi musim debutnya sebagai pemain profesional di sepak bola Indonesia.

Dalam waktu satu tahun saja sejak kepergiannya dari Persikabo 1973 ke PSM pada Mei 2022 hingga Mei 2023 ini, karier Ramadhan Sananta melejit dan namanya melambung tinggi.

Semua itu tak lepas dari performa apiknya yang membuat PSM juara Liga 1 dan membuatnya menjadi bagian penting Timnas Indonesia senior dan U-22.

Dengan usia yang masih 20 tahun, masa depan cerah masih menanti Ramadhan Sananta, andai dirinya tak berpuas diri dengan pencapaiannya dalam setahun terakhir ini.

Jika terus berkembang, bukan tak mungkin Ramadhan Sananta akan meneruskan kiprah para penyerang legendaris Timnas Indonesia yang dikenal berprestasi dan kerap menjadi sorotan di kancah Asia dan internasional.

Kontributor: Felix Indrajaya

Source: https://www.bolatimes.com/bolaindonesia/2023/05/18/140000/gacor-catatan-impresif-ramadhan-sananta-raih-dua-gelar-juara-semusim

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *