Gegara Bjorka, Moeldoko Sebut KSP Tengah Siapkan Cloud System Mandiri

Gegara Bjorka, Moeldoko Sebut KSP Tengah Siapkan Cloud System Mandiri

Mediaterbaru.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku tengah merancang cloud system buatan dalam negeri. Hal tersebut sebagai respons beredarnya informasi kebocoran data yang berhasil diretas hacker Bjorka.

Ia mengemukakan, jika selama ini, pemerintah menjalankan cloud system buatan pihak asing.

“Kan cloud-nya orang luar. Iya, kan, mesinnya orang luar,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/9/2022).

Terkait rencana perancangan cloud system dalam negeri, Moeldoko mengatakan, sudah bertemu dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero (INTI), dan PT Desktop IP Teknologi Indonesia.

“Kemarin kita kumpulkan kepala BSSN, berikutnya ada PT INTI (itu) BUMN kan, berikutnya ada korporasi yang memiliki cloud-nya. Kalau ini kita satukan kita nanti akan mandiri di bidang cloud, sehingga bisa menjaga data dari intervensi orang lain, itu yang kita ingin ke depannya sebenarnya,” jelasnya.

Dengan adanya cloud system yang dibuat dari dalam negeri, Moeldoko menilai, akan membuat data Indonesia menjadi lebih aman serta mandiri.

Moeldoko menyebut kalau cloud system yang dimaksud itu sudah mulai dipraktikkan di salah satu korporasi.

Butuh waktu yang lama untuk mengerjakannya sehingga bisa digunakan di seluruh bagian dari pemerintahan.

Lebih lanjut, Moeldoko menyebut kalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengetahui hal tersebut. Sebabnya, rencana cloud system buatan dalam negeri itu akan dites terlebih dahulu di KSP.

“Belum sampai presiden sih, saya garap dulu di KSP, ya, nanti kalau bentuknya semakin oke kita lapor ke presiden.”



Sumber: https://www.suara.com/news/2022/09/19/215102/gegara-bjorka-moeldoko-sebut-ksp-tengah-siapkan-cloud-system-mandiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.