Ini Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya

Mediaterbaru.com – Setelah siaran TV Analog resmi diberhentikan, banyak masyarakat menggunakan perangkat TV digital  yang mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation). Meskipun sudah beralih ke TV digital, namun banyak yang mengeluhkan sinyal tidak muncul atau tidak ada sinyal. Untuk itu, ketahui penyebab TV Digital tidak ada sinyal lengkap dengan cara mengatasinya. 

Bacaan Lainnya

Ketika di TV Ditigal muncul tulisan “Tidak Ada Sinyal” maka secara otomatis TV tidak akan bisa menayangkan program siaran digital dari lembaga penyiaran. Kamu pasti bertanya-tanya terkait penyebab hilang atau tidak adanya sinyal pada TV Digital Kamu. Hal ini bukan berarti TV Kamu rusak, namun ada penyebab teknis yang juga dialami oleh banyak orang. 

Lantas apa saja penyebab TV digital tidak muncul sinyal atau muncul tulisan “Tidak ada sinyal” meskipun Kamu sudah menggunakan set top box (STB) untuk menangkap sinyal? Ketahui penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. 

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal  

Berikut beberaoa penyebab TV Digital tidak ada sinyal: 

1. Kualitas Antena 

Penyebab pertama tidak TV digital tidak dapat menangkap sinyal yaitu masalah antena. Pada umumnya, antena dengan kualitas yang kurang baik atau buruk tidak bisa menangkap siaran TV digital secara malsimal. Untuk itu Kamu perlu memperbaiki antena dan juga pemasangan kabel harus sesuai.  

2. Kabel Antena yang Usang 

Kabel antena yang sudah rapuh atau usang hingga rusak juga bisa menjadi penyebab TV digital tidak bisa menangkap siaran. Hal ini disebabkan karena meskipun TV Kamu sudah digital, namun masih memerlukan kabel antena tambahan untuk menangkap sinyal TV digital. 

3. Arah Antena 

Memasang antena dengan posisi yang kurang tepat juga dapat menjadi salah satu penyebab tidak medapatkan sinyal siaran TV digital. Oleh karena itu, sebaiknya arahkan antena Kamu menuju stasiun televisi yang tepat, khususnya pada jaringan yang bagus. 

4. Masalah pada Jack TV 

Jack juga menjadi penyebab hilangnya sinyal TV digital Kamu. Jack sendiri merupakan alat penghubung antara antena dengan STB. Sehingga sangat penting bagi Kamu untuk mengecek jack, bisa jadi jack Kamu sedang rusak. Jika jack rusak, maka akan berdampak terhadap sinyal yang dikirimkan ke STB. Karen itulah TV Digital  tidak bisa memunculkan gambar. 

5. Gangguan Sinyal di Wilayah Tempat Tinggal 

Tempat tinggal Kamu juga mempengaruhi tertangkapnya sinyal pada TV Digital Kamu. Terkadang, daerah dataran tinggi atau perkotaan malah akan susah mendapatkan sinyal TV digital. Hal itu terjadi karena jaringannya yang terlalu rendah atau kurang bagus. 

Cara Mengatasi TV Dugital Tidak Ada Sinyal 

Setelah mengetahui beberapa penyebab tidak ada sinyal di TV Digital, berikut inj cara mengatasinya: 

1. Cari arah atau posisi antena yang paling bagus 

Solusi yang pertama, letakkan antena pada arah yang paling bagus untuk dapat menangkap sinyal TV Digital. Kamu bisa memutar-mutar antena untuk mengetahui letak antena yang laling bagus untuk menangkap sinyal terbaik.

Hindari memasang antena di area yang dekat antena digital lainnya. Karena hal tersebut bisa menyebabkan salah satu antena kesulitan atau gagal dalam menangkap sinyal karena kalah kuatnya dengan antena lain. 

2. Gunakan antena dengan kualitas baik 

Kamu perlu menggunakan antena khusus yang mendukung siaran TV digital. Selain itu, Kamu juga harus memastikan bahwa kabel antena yang digunakan masih dalam keadaan yang baik dan tidak ada kerusakan pada sekujur kabel. 

Jika di wilayah tempat tibggal Kamu banyak bangunan atau pohon-pohon tinggi, maka disarankan untuj menggunakan antena luar (antena PF). Dimana antena tersebut mempunyai kualitas dan juga kemampuan lebih baik untiuk menangkap sinyal TV digital. 

Begitulah penyebab TV Digital tidak ada sinyal dan cara mengatasinya. Dengan melakukan beberapa langakh di atas, TV Digital Kamu akan kembali manampilkn siaran dari program TV yang Kamu inginkan. Selamat mencoba! 



Sumber: https://www.suara.com/news/2022/11/13/054507/ini-penyebab-tv-digital-tidak-ada-sinyal-dan-cara-mengatasinya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *