Teknologi

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik Lengkap


Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik Lengkap – Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang terbuat dari serat kaca yang sangat halus dan kecil dibandingkan dengan kabel pada umumnya. Ukarannya bahkan bisa disamakan dengan sehelai rambut. Fiber optik dapat digunakan untuk mentransfer data atau sinyal data menggunakan cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain. Kabel ini biasanya menggunakan sumber cahaya dari LED atau laser. Kabel ini juga berdiameter sekitar 120mm.

Kabel dengan teknologi fiber optik ini juga sudah mulai banyak dipakai pada jaringan internet dan telepon di Indonesia. Salah satunya adalah perusahaan Telkom Indonesia yang digunakan pada produk Indihome Fiber. Tapi tidak semua daerah ada layanan fiber optik seperti ini. Karena harganya yang masih cukup mahal, terkadang jaringan – jaringan lokal untuk dapat berbagi sumber daya masih menggunakan kabel UTP.

Kelebihan Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kabel – kabel lainnya. berikut rangkumannya.
  • Kabel fiber optik bisa mentransfer data lebih banyak dan dengan kecepatan yang sangat tinggi, bahkan mencapai Gbps, maka bandwith juga menjadi makin besar
  • Memiliki ukuran yang kecil dan ringan dibandingkan dengan kabel – kabel lainnya
  • Minimal gangguan, karena kabel fiber optik tidak terpengaruh oleh sinyal radio dan elektromagnetik
  • Lebih aman, dikarenakan serat optik tidak mengalirkan listrik dan tidak mudah terbakar
  • Kabel fiber optik bisa mengalirkan sinyal data lebih jauh dibandingkan kabel tembaga
  • Non penghantar, tidak ada percikan api dan tenaga listrik
  • Tidak berkarat karena bukan besi atau tembaga

Kelemahan Kabel Fiber Optik

Segala sesuatu pasti memiliki kelemahan, kecuali Tuhan yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Mari disimak kelemahan kabel fiber optik.
  • Perbaikan dan perawatan yang sulit, ini dikarenakan apabila terjadi kerusakan pada kabel ini, maka harus memanggil orag yang sudah ahli dan berpengalaman dalam menangani kabel fiber optik tersebut
  • Harga kabel fiber optik mahal, dibandingkan dengan harga kabel UTP, kabel fiber optik ini jauh lebih mahal
  • Kabel fiber optik tidak dapat dibelokkan dengan belokkan yang tajam atau membentuk sebuah sudut yang tajam
Dengan menggunakan teknologi fiber optik ini, maka kecepatan transfer data yang dihasilkan akan sangat cepat dibandingkan dengan kabel yang terbuat dari besi atau tembaga. Perlu anda ketahui bahwa teknologi pengkabelan terbaru pada jaringan internet adalah kabel fiber optik.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau kata – katanya ya… Silahkan berkomentar untuk memberikan saran dan masukannya untuk artikel ini. Share artikel Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *