Ayam Hias

Jenis – Jenis Ayam Brahma, Ayam Hias Terbesar

Ayam brahma adalah salah satu jenis ayam hias yang berukuran besar dan berbulu tebal. Bulu ayam brahma ini tumbuh hingga ke ujung kakinya. Di Indonesia ayam brahma ini menjadi ayam hias yang cukup populer dan ada juga yang berternak ayam ini yang dapat menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Ayam brahma sebenarnya berasal dari India. Nama ayam brahma sendiri diambil dari nama salah satu tempat yang ada di India yaitu Brahmaputra. Keunikan ayam yang satu ini adalah pada bulunya yang tebal hingga ke kaki dan memiliki ukuran tubuh yang besar. 
Di daerah asalnya ayam brahma malah sering dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, mungkin dikarenakan dagingnya yang banyak dan lemak yang tinggi sehingga ayam ini dijadikan sebagai ayam pedaging. Peternak ayam brahma di Indonesia masih tergolong sedikit. Harga ayam brahma juga cukup mahal bagi kalangan menengah kebawah.

Jenis – jenis Ayam Brahma

Ayam brahma memiliki berbagai macam jenis yang dibedakan berdasarkan warna bulunya. Silahkan simak jenis – jenis ayam brahma selengkapnya.

1. Ayam Brahma Isabel

Ayamm brahma isabel ini masih tergolong langka di Indonesia. Bulu ayam brahma jenis ini berwarna putih abu – abu cerah dengan sedikit warna kuning.

2. Ayam Brahma Colombian Light

Ayam brahma jenis ini memiliki warna bulu putih dengan sedikit perpaduan bintik – bintik hitam pada leher dan ekornya. Jenis yang satu ini paling umum ditemukan.

3. Ayam Brahma Light Brahma

Light brahma pada dasarnya memiliki warna bulu yang sangat mirip dengan jenis ayam brahma columbian. Perbedaan ayam brahma ini dengan ayam brahma columbian adalah jenis light brahma ini warna bulunya lebih terang dan cerah.

4. Ayam Brahma Dark Brahma

Dark brahma memiliki bulu yang berwarna dasar hitam yang berpadu dengan warna putih. Perpaduan warna bulu tersebut menjadikan warna ayam brahma ini semakin keren karena memiliki motif yang unik. Karena ayam jenis ini memiliki warna yang dominan hitam, maka ayam ini sering dipanggil dark brahma.

5. Ayam Brahma Salmon

Ayam brahma salmon ini cukup mudah ditemukan di kalangan peternak ayam brahma yang ada di Indonesia. Jenis ayam brahma salmon memiliki perpaduan warna bulu hitam, putih, dan merah.

6. Ayam Brahma Blue Brahma

Mungkin pada saat pertama kali anda mendengar kata blue pasti mengidentifikasikan dengan warna biru. Akantetapi ini berbeda didalam dunia ayam hias. karena dalam dunia ayam hias warna blue ini sering disebut untuk warna ayam hias yang berbulu abu – abu.
Ok, mungkin itu saja pembahasan tentang jenis – jenis ayam brahma menurut warna bulunya. Semoga bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Apabila ada kekurangan atau anda mengetahui jenis ayam brahma lainnya, silahkan berkomentar di bawah. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *