Juergen Klinsmann diangkat sebagai pelatih timnas Korea Selatan (Korsel).

Juergen Klinsmann diangkat sebagai pelatih timnas Korea Selatan (Korsel).

Mediaterbaru.com,┬áSEOUL — Mantan pelatih timnas Jerman dan Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann, resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Korea Selatan (Korsel). Mantan penyerang timnas Jerman itu diharapkan bisa membawa Taegeuk Warriors tampil di putaran final Piala Dunia 2026.

Klinsmann akan mengganti Paulo Bento, yang mengundurkan diri usai mengantarkan Korsel melaju hingga ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Berdasarkan lansiran Yonhap, Senin (27/2/2023), Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sepakat mengontrak Klinsmann hingga gelaran Piala Dunia 2026.

“Klinsmann akan datang ke Korea Selatan pada pekan depan. Pelatih berusia 58 tahun itu juga setuju bakal menetap di Korea Selatan selama menjalani tugasnya sebagai pelatih kepala timnas Korea Selatan,” tulis laporan Yonhap.

Klinsmann memulai karier kepelatihan saat menukangi timnas Jerman pada 2004. Di bawah kendali eks gelandang serang Tottenham Hotspur dan Inter Milan itu, Die Mannschaft finis di peringkat ketiga Piala Dunia 2006.

Sempat menukangi Bayern Munchen pada 2008 hingga 2009, Klinsmann melanjutkan kiprahnya saat membesut Amerika Serikat (USMNT) pada 2008. Klinsmann sukses mempersembahkan titel Gold Cup pada 2013 buat The White and Stripes, julukan timnas Amerika Serikat.

Hertha Berlin menjadi tim terakhir yang ditangani Klinsmann, tepatnya pada 2019 hingga 2020, sebelum akhirnya menerima pinangan KFA. Eks penyerang Sampdoria itu rencananya akan melakoni debut sebagai pelatih Korsel pada 24 Maret mendatang.

Son Heung-min dan kawan-kawan dijadwalkan melakoni laga persahabatan kontra Kolombia di Ulsan. Kemudian, pada 28 Maret 2023, Klinsmann akan mendampingi timnas Korsel menghadapi Uruguay pada laga uji coba, yang bakal digelar di Seoul.

Klinsmann pun mengaku terus memantau perkembangan Korsel dalam beberapa tahun terakhir. ”Saya juga merasa terhormat bisa mengikuti jejak sejumlah pelatih ternama, seperti Guus Hiddink hingga pendahulu saya, Paulo Bento. Saya sudah tidak sabar membantu tim ini meraih kesuksesan, mulai dari Piala Asia (2023) hingga Piala Dunia 2026,” kata Klinsmann seperti dilansir ESPN.

Source: https://sport.republika.co.id/berita/rqqkkg348/klinsmann-resmi-tangani-timnas-korea-selatan

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *