Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa

Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa

Mediaterbaru.com – Sholat tahajud sangat dianjurkan dikerjakan di sepertiga malam terakhir. Sebelum mendirikan sholat malam ini, seorang Muslim wajib mengetahui bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat dan tata cara mengerjakannya.

Umat Muslim bisa memilih jumlah rakaat dalam sekali salam, bisa dua rakaat satu salam atau empat rakaat satu salam. Jumlah total rakaat dalam sholat tahajud tidak dibatasi, sesuai dengan kesanggupan seorang Muslim yang mengerjakannya.

Meskipun ibadah ini masuk dalam amalan sunnah, namun pengerjaannya sangat dianjurkan. Hal ini sesuai firman Allah SWT dalam surat Al Isra ayat 79 yang artinya sebagai berikut.

“Dan dari sebagian malam shalat tahajudlah kamu (Muhammad SAW) dengan membaca Al Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji”, (QS Al Isra Ayat 79).

Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara mengerjakan sholat tahajud sama seperti gerakan sholat pada umumnya. Dimulai dari membaca niat, melakukan takbiratul ihram hingga mengucap salam, semua gerakannya sama.

Ada satu perbedaan sholat tahajud dengan sholat lainnya, yakni terletak pada bacaan niat. Berikut ini bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat yang wajib dibaca adalah “Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala” yang artinya, “Aku menyengaja sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Setelah niat ini dibaca di dalam hati dengan sungguh-sunggu dan mengharapkan ridho dari Sang Maha Kuasa, dilanjutkan dengan melakukan gerakan sholat pada umumnya.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai sholat, tetaplah duduk di atas sajadah dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Berikut ini bacaan doa setelah sholat tahajud yang bisa dibaca.

“Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah”.

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkaulah penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu lah aku berserah. Hanya kepada-Mu lah aku beriman. Kepada-Mu lah aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah SWT”.

Itulah ulasan mengenai niat sholat tahajud 2 rakaat, tata cara hingga doa setelah sholat tahajud. Semoga dapat menambah wawasan Kamu.



Sumber: https://www.suara.com/news/2022/09/27/223359/niat-sholat-tahajud-2-rakaat-lengkap-dengan-tata-cara-dan-doa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *