Paylater Jadi Pilihan Karena Tuntutan Gaya Hidup Sementara Gaji Belum Turun

Paylater Jadi Pilihan Karena Tuntutan Gaya Hidup Sementara Gaji Belum Turun

Mediaterbaru.com – Hasil dari riset dengan judul “Survei Perilaku Keuangan Generasi Milenial dan Gen Z“ yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) mengungkapkan, paylater lebih banyak diminati kalangan milenial dan generasi Z dibandingkan kartu kredit.

Bacaan Lainnya

Riset yang dilakukan terhadap 5.204 responden itu memperlihatkan, paylater lebih diminati dengan jumlah pengguna mencapai 13,6 persen dari total responden. Sementara, kartu kredit hanya separuhnya saja (7,6 persen).

Jika dibandingkan antara kedua generasi, penggunaan paylater lebih besar pada generasi milenial. Sebanyak 16,5 persen generasi milenial yang mengikuti survei KIC menyebut menggunakan paylater, adapun pada responden Gen Z, hanya 9,7 persen yang sudah menggunakan produk paylater.

Menurut dia, paylater jadi pilihan banyak generasi muda karena dukungan yang diberikan. Sebagian besar mereka menggunakan paylater untuk membeli fesyen dan aksesoris, pulsa, gawai, dan elektronik rumah tangga, hingga makanan.

“Pada Gen Y (milenial), paylater paling banyak digunakan untuk membeli gadget, sedang pada Gen Z, paylater paling banyak digunakan untuk fesyen dan aksesoris,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, gaji yang belum turun, sementara kebutuhan semakin mendesak membuat masyarakat semakin dimanjakan dengan paylater.

Namun, mereka juga tertarik dengan fitur pembayaran cicilan yang mudah dan cepat, ditambah pula oleh tingkat kepercayaan yang rendah terhadap layanan pinjaman online.

Vice President Katadata Insight Center Adek Media Roza juga mengatakan, penyebab Paylater disukai masyarakat karena kemudahannya dengan pendaftaran yang singkat dan pengajuan yang mudah.

“Hal-hal ini menyebabkan antusiasme masyarakat semakin tinggi untuk mencoba layanan paylater,” ujar Adek.

Paylater merupakan metode pembayaran tanpa menggunakan kartu fisik yang memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi sekarang dan melakukan pembayaran pada kemudian hari. 



Sumber: https://www.suara.com/bisnis/2022/10/26/104721/riset-paylater-jadi-pilihan-karena-tuntutan-gaya-hidup-sementara-gaji-belum-turun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *