Pegang Pernikahan Kaesang, Erick Thohir Jadi Kuda Hitam Jokowi di Pilpres 2024

Pegang Pernikahan Kaesang, Erick Thohir Jadi Kuda Hitam Jokowi di Pilpres 2024

Mediaterbaru.com – Pengamat politik sekaligus pendiri Pusat Studi Untuk Demokrasi, Kiki Rizki Yoctavian menduga Menteri BUMN Erick Thohir bakal mendapat kepercayaan Joko Widodo dalam Pilpres 2024. Ia menyebut ada beberapa faktor yang dapat mendukung argumentasinya.

Bacaan Lainnya

Kiki menjelaskan dalam kultur Jawa, ketika seorang raja atau pemimpin akan menyelesaikan jabatannya maka setidaknya ada tiga hal yang akan dipastikan ada pada diri penerusnya.

Pertama, Kiki menyebut Jokowi ingin memastikan legacy yang ditinggalkan tetap dijaga. Kedua Jokowi ingin memastikan kesinambungan program, target dan tujuan tetap berjalan. Ketiga Jokowi akan memastikan si penerus merupakan orang yang dipercaya untuk menjaga anak dan keturunannya.

“Kira kira siapa orang itu? Gampang saja melihatnya, yaitu siapa yang dipercaya untuk menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang,” kata Kiki dilansir dari WartaEkonomi.co.id jaringan Mediaterbaru.com, Senin (21/11/2022).

Kiki menyebut menjadi ketua panitia sebuah acara pernikahan yang penuh ritual budaya dan sangat religius tentu tidak seperti menunjuk ketua panitia G20 maupun acara kenegaraan lainnya.

Menjadi ketua panitia pernikahan anak Jokowi menurutnya adalah simbol yang sulit dibantah bahwa pada orang itulah kelak Jokowi akan menitipkan keluarganya, anak dan cucunya.

“Jadi kalau usai acara Projo di magelang lalu orang ramai menduga dukungan Jokowi ke Ganjar, kemudian setelah acara Perindo ramai lagi orang menduga Jokowi mendukung Prabowo. Kalau saya justru melihat bahwa kuda hitam di luar nama-nama yang beredar adalah Erick Thohir yang di tunjuk oleh Jokowi menjadi ketua panitia pernikahan Kaesang,” ujar Kiki.

Selain itu, Kiki menyoroti sosok yang digadang-gadangkan akan “direstui” oleh Jokowi memang masih tanda tanya. Hanya saja, orang yang ditunjuk sebagai panitia pernikahan Kaesang menurutnya punya kedekatan luar biasa. Sebab urusan politik lebih banyak manuver, tetapi urusan pernikahan adalah hal yang sakral.

“Dan orang yang sangat dekat dan tepatlah yang ditunjuk untuk melaksanakannya karena orang tersebut simbolisasi dan perwujudan dari tuan rumah yang punya hajat,” ucap Pendiri Lembaga Masyarakat Indonesia Fajar Nawasena itu.

Sehingga, Kiki meyakini “restu” Jokowi akan diberikan tak hanya didasari pada elektabilitas seseorang semata. “Begitupun ketika Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan itu menunjukan kepercayaan penuh dirinya kepada Erick Thohir,” sebut Kiki.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir membocorkan tentang konsep pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Ahad (20/11/2022). Hal tersebut diungkapkan oleh Erick usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pura Mangkunegaran, Ahad (20/11/2022). Pihaknya menegaskan bahwa pernikahan akan mengusung konsep pesta kerakyatan.

“Iya, pesta rakyat (konsep pernikahannya),” kata Erick, Ahad (20/11).

Pernikahan Kaesang-Erina diagendakan berlangsung pada 10 Desember 2022 mendatang. Akad nikah digelar di Yogyakarta. Sedangkan resepsi akan diadakan di Solo.



Sumber: https://www.suara.com/bisnis/2022/11/21/141810/pegang-pernikahan-kaesang-erick-thohir-jadi-kuda-hitam-jokowi-di-pilpres-2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *