Warga membawa barang kebutuhan pokok yang dibeli saat operasi pasar murah di Desa Sawang Teubei, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Rabu (9/11/2022). Operasi pasar murah yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh bekerjasama dengan Perum Bulog tersebut untuk memudahkan warga  mendapatkan berbagai kebutuhan pangan dengan harga lebih murah dari harga di pasar, sekaligus sebagai upaya pengendalian laju inflasi di Aceh.

Warga membawa barang kebutuhan pokok yang dibeli saat operasi pasar murah di Desa Sawang Teubei, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Rabu (9/11/2022). Operasi pasar murah yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh bekerjasama dengan Perum Bulog tersebut untuk memudahkan warga mendapatkan berbagai kebutuhan pangan dengan harga lebih murah dari harga di pasar, sekaligus sebagai upaya pengendalian laju inflasi di Aceh.

Mediaterbaru.com,¬†ACEH BARAT — Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia akan membangun Pasar Bina Usaha Meulaboh di Kabupaten Aceh Barat senilai Rp 3 miliar mulai akhir Maret 2023 untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dan usaha masyarakat setempat.

“InsyaAllah jika tidak ada kendala, pembangunannya direncanakan dimulai pada akhir Maret 2023,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, DR Kurdi di Meulaboh, Sabtu (12/3/2023).

Kurdi mengatakan pembangunan pasar induk tersebut dilakukan pemerintah pusat, setelah Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi, melakukan inspeksi mendadak ke pasar dan melakukan koordinasi ke pemerintah pusat, untuk mengusulkan rehabilitasi Pasar Bina Usaha Meulaboh.

Guna memastikan realisasi pembangunannya, Kurdia bersama Plt Kadisperindag UMK Aceh Barat, Fauzi juga telah melakukan pemaparan rencana pembangunan pasar dan rencana anggaran biaya ke Kemendag RI di Bogor, Jawa Barat, dua hari lalu.

“Hasil review bersama Kemendag, insya Allah Aceh barat mendapat dana revitalisasi pasar sebesar Rp 3 miliar pada tahun ini,” kata Kurdi menambahkan.

Menurutnya, dana sebesar Rp 3 miliar tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (ABPN) Tahun 2023 Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Di pasar tersebut akan dibangun 50 los dan direncanakan proses pembangunannya memakan waktu selama 180 hari atau sekitar enam bulan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga mengharapkan dengan dibangunnya Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, oleh pemerintah pusat, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), terciptanya pasar yang bersih, aman dan teratur, serta meningkatkan ekonomi masyarakat dan investasi di daerah.

sumber : Antara

Source: https://news.republika.co.id/berita/rreg8u451/pemerintah-bangun-pasar-bina-usaha-meulaboh-aceh-rp-3-m

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *