Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Mediaterbaru.com – Mengupas susunan pemain yang berpotensi diturunkan Shin Tae-yong di laga FIFA Matchday pada Maret 2023 ini antara Timnas Indonesia vs Burundi.

Timnas Indonesia telah menemukan lawan untuk melakoni agenda FIFA Matchday yang dihelat pada 20-28 Maret 2023 mendatang.

Lawan tersebut adalah tim Afrika Timur, Burundi. Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Baca Juga:
Kerennya Tendangan Bebas Helsya Maeisyaroh, Buka Keran Gol untuk Timnas Putri Indonesia hingga Bantai Singapura 4-0

‚ÄúSetelah ditunggu hingga malam ini akhirnya PSSI memutuskan timnas Indonesia akan melawan Burundi dan mereka sudah siap datang ke Indonesia,” tutur Erick Thohir dikutip dari laman resmi PSSI.

Dalam konfirmasinya itu, disebutkan bahwa skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, akan menghadapi Burundi sebanyak dua kali.

Tim besutan Shin Tae-yong ini akan melawan tim berjuluk Les Hirondelles itu masing-masing pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023 nanti.

Baca Juga:
Impresif di Piala Asia U-20 2023, Striker Vietnam Dapatkan Promosi

Meski demikian, induk sepak bola Indonesia tersebut belum memastikan stadion yang akan jadi venue pertandingan tersebut.

Dalam laga melawan Burundi ini, Timnas Indonesia dipastikan akan tampil Full Team. Pasalnya, agenda FIFA Matchday ini mewajibkan setiap klub melepas pemainnya untuk laga internasional.

Sehingga pemain-pemain naturalisasi maupun keturunan yang berkiprah di Eropa, dipastikan bisa merumput bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Tampil, KMSK Deinze Tumbang dari Klub Milik Orang Indonesia

Dengan kondisi tersebut, Shin Tae-yong pun bisa menggunakan para pemain terbaiknya untuk melawan tim peringkat 141 FIFA itu.

Lantas, bagaimana dengan susunan pemain yang akan diturunkan Shin Tae-yong jika Timnas Indonesia dipastikan Full Team melawan Burundi?

Panggung untuk Pemain Naturalisasi

Baca Juga:
Timnas Indonesia Gagal di Piala Asia U-20, Hokky Caraka justru Bawa Nama Baik Skuad Garuda Nusantara, Ini Sebabnya

Di laga melawan Burundi, Shin Tae-yong akan menargetkan kemenangan bagi Timnas Indonesia, guna menaikkan ranking FIFA.

Sebagai informasi, dua kemenangan atas Burundi yang ada di peringkat ke-141 FIFA akan mengatrol posisi skuad Garuda yang ada di peringkat ke-151.

Dengan tujuan meraih kemenangan, juru taktik asal Korea Selatan itu pun akan menurunkan para pemain terbaiknya, termasuk menurunkan para pemain naturalisasi di Eropa yang belum melakukan debut.

Formasi 3-4-3 tentunya akan dipilih untuk memfasilitasi pemain Timnas Indonesia yang cocok dengan skema tersebut.

Skema tersebut pun terbukti memberikan hasil maksimal bagi Timnas Indonesia di beberapa laga internasional, termasuk kala meraih kemenangan atas Curacao pada September 2022 lalu.

Untuk posisi kiper, Nadeo Argawinata diyakini masih akan jadi andalan, kendati belakangan dirinya mendapat sorotan karena performanya yang menurun.

Lalu di depannya, akan ada tiga bek sejajar yang berisikan pemain-pemain berpostur mumpuni, seperti Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Untuk sektor Wing Back yang menjadi posisi paling vital dalam formasi 3-4-3, Shin Tae-yong bisa saja memberikan debut bagi dua pemain naturalisasinya.

Dua pemain itu adalah Sandy Walsh yang akan menempati Wing Back kanan dan Shayne Pattynama yang akan menempati Wing Back kiri.

Kebetulan posisi dan peran di sektor Wingback itu merupakan peran yang dimainkan keduanya di level klub bersama KV Mechelen dan Viking FK.

Nantinya, dua pemain itu akan mengapit dua gelandang yakni Marc Klok sebagai gelandang Box to Box dan Marselino Ferdinan yang lebih condong menyerang.

Untuk sektor penyerang, Shin Tae-yong bisa saja mengandalkan sosok Ramadhan Sananta yang tengah moncer pasca mencetak dua digit gol di Liga 1 bersama PSM Makassar.

Nantinya ia akan diapit dua winger yang tengah menunjukkan performa apik seperti Saddil Ramdani di Sabah FC dan Yakob Sayuri di PSM.

Selebrasi pemain Timnas Indonesia saat kalahkan Kamboja di Piala AFF 2022. (dok.PSSI)Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Burundi.

Timnas Indonesia (3-4-3)

Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Shayne Pattynama; Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri.

Kontributor: Felix Indrajaya

Source: https://www.bolatimes.com/bolaindonesia/2023/03/11/191536/prediksi-susunan-pemain-timnas-indonesia-vs-burundi-di-fifa-matchday-debut-sandy-walsh-dan-shayne-pattynama

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *